Sudah lama gak bikin permen coklat. Kebetulan kemarin waktu ikutan TdT aku beli pewarna coklat seri garden *warna kebun, katanya sih hijau, ungu, pink dan hitam* dan seri warna dasar *awal mula bikin coklat molding aku beli pewarna yang ini*

Hasilnya seperti ini.

 

Alat dan Bahan :

  • Coklat putih
  • Pewarna permen coklat
  • Cetakan khusus coklat
  • Kantong segitiga
  • Es Batu

Cara membuatnya :

1. Lelehkan coklat putih dengan cara di tim atau dengan menggunakan microwave.

Cara menge-tim coklat. Coklat dipotong-potong kecil, letakkan dalam wadah yg bersih. Siapkan tempat lain yg lebih besar, isi dengan air dan jerang di atas api. Wadah yg berisi coklat diletakkan di air.

Catatan : Selama menge-tim atau melelehkan coklat, hindarkan coklat dari air meskipun hanya 1 tetes. Akibatnya sangat fatal. Coklat bisa menggumpal dan warnanya akan buram.

Update : Seharusnya wadah air lebihh kecil daripada wadah coklat, untuk menghindari cipratan air masuk ke dalam coklat. Kemudian tips yang lain, begitu air mendidih segera matikan api dan aduk terus coklat hingga semua coklat mencair, karena kalau sushu terlalu tinggi coklat putih bukannya mencair tapi malah menggumpal.

2. Beri warna sesuai selera. Sebaiknya beri warna 1 tetes dulu kemudian aduk rata, kalau warnanya masih kurang baru tambahkan lagi.

 

3. Pindahkan coklat yang sudah diberi warna ke kantong segi 3, demi alasan kepraktisan semata, kalau tidak ada kantong ini ya tidak apa-apa cuma nantinya akan sedikit repot karena untuk membuat coklat molding warna-warni ini diperlukan kerapihan. Siapkan juga wadah yang bisa menampung es batu. nantinya cetakan coklat ini diletakkan di atas wadah es batu, seperti ini.

4. Tuangkan coklat warna ke dalam cetakan. Bila menggabungkan beberapa warna sekaligus, tunggu dahulu coklat pertama mengeras baru tuang coklat dengan warna lain.

Misalnya yang aku buat adalah bunga dengan motif kuning dan pink. Pertama warna kuning ditaruh dalam cetakan tunggu hingga keras *dengan adanya es batu dibawah cetakan coklat waktu menunggu coklat keras antara 2-3 menit tergantung ketebalan coklat* kemudian baru dituang dengan warna lain, kemudian selipkan stik/batang lolipop. Hati-hati juga dengan stik kadang suka terangkat, untuk menahan stik supaya tetap pada tempatnya diperlukan.

 Mangkok-mangkok di tepi cetakan itu fungsinya menahan stik.

 

Update : Ternyata lebih praktis dengan buku atau tumpukan majalah. Jadi caranya letakkan tumpukan buku/majalah di tepi cetakan supaya stik lolipop tetap melekat erat sampai coklat cukup keras untuk dipindah ke kulkas/lemari es.

5. Setelah stik cukup mantap tertanam pada coklat, pindahkan cetakan coklat beserta isinya ke lemari pendingin (kulkas) biarkan selama 10-15 menit.

6. Keluarkan coklat dengan hati-hati dari cetakan.